Perubahan Besar Pada Facebook

Facebook

Maraknya bermunculan media sosial saat ini, menuntut media sosial yang sudah hadir sebelumnya saling mengembangkan lebih lagi dari yang sudah ada. Tentu saja hal tersebut perlu dilakukan guna mempertahankan penggunanya dan juga menbah daya tarik baru hingga bertambah juga penggunanya. Seperti halnya yang akan dilakukan pengembang media sosial facebook, siap-siap punya perubahan. Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu, sudah menyiapkan perubahan besar dengan mengumumkan berbagai produk baru. Tapi sabar, fitur-fitur itu sedang dimatangkan untuk diluncurkan dalam waktu dekat.

Beberapa Perubahan Besar Pada Facebook!

Sembari menunggu peluncuran, ada baiknya untuk mengenali sedikitnya tujuh perubahan besar yang dijanjikan FB. Dilansir dari jpnn.com, inilah yang akan hadir nanti seperti yang dirangkum CNN Money:

1. Bosan dengan video yang biasa-biasa saja di timeline? bagi yang memiliki kamera dengan teknologi 360 derajat, kini bisa ’’pamer’’ video secara langsung. Tidak perlu lagi mengarahkan teman ke laman YouTube. Buat teman-teman takjub dengan mengubah sudut pandang rekaman video secara langsung. Malah, bagi yang punya perangkat Oculus Virtual Reality (VR) bisa serasa di lokasi pengambilan video. Tinggal menggerakkan kepala, dan sudut pandang rekaman langsung berubah.

2. FB Messenger akan disempurnakan lagi dengan kemampuan melacak pembelian online. Rencananya, aplikasi Messenger yang terpisah dengan FB dikaitkan dengan toko online. Belum tahu pasti e-commerce mana saja yang dijadikan partner. Yang pasti, saat membeli barang secara online ada opsi untuk menghubungkan akun FB penjual dan pembeli. Lantas, penjual bisa memberi update status pemesanan barang melalui Messenger. Pembeli yang memilih untuk menghubungkan akun FB bisa menghilangkan notifikasi pesanan lewat email.

3. Masih soal FB Messenger, aplikasi berkirim pesan itu akan disinergikan dengan pihak ke-3. Misalnya, bagi yang suka berkirim pesan dengan menyelipkan gambar bergerak dengan format GIF melalui Giphy. Dulu, gambar animasi yang dibuat dari situs Giphy harus di copy paste ke kolom pesan. Nah, nanti tidak perlu seperti itu lagi karena dibuat lebih mudah. David Marcus selaku kepala divisi FB Messenger mengatakan, pola itu bisa membuat komunikasi lebih menyenangkan. ’’Bisa membuat dunia jadi sedikit lebih baik,’’ karanya.

4. Bagi yang suka sebal karena bingung membagikan video dari FB ke media sosial atau blog, nanti tidak akan menemukan kesulitan itu. Sebab, video bisa dibagikan kemana saja di luar FB.

5. FB yang baru juga terintegrasi dengan berbagai situs berita kenamaan. Untuk sementara ini, yang dijadikan partner uji coba adalah BuzzFeed, EliteDaily, The Huffington Post, dan Fox Sports. Kerja sama itu membuat pembaca yang memberikan komentar di situs berita itu, secara otomatis juga muncul di FB.

6. Internet of Things (IoT) akan menjadi bagian yang paling mengundang penasaran. Sebab, dijanjikan bisa mengontrol banyak perangkat melalui akun FB. Misalnya, ada pengembang yang membuat peranti lunak penyiram tanaman secara otomatis. Ketika tidak sedang di rumah, cukup buka FB untuk mengontrol penyiram itu dari jauh. Tentu saja, kedua perangkat harus terkoneksi internet.

7. Poin terakhir ini ditujukan pada pengembang perangkat lunak seperti game, atau aplikasi pendukung lain. Nanti, akan ada dashboard yang membuat pengembang bisa lebih dekat dengan pengguna aplikasinya. Mulai siapa yang memainkannya, sampai dari mana pengguna aplikasi berasal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *