Banyak Tidur Bisa Depresi Hingga Memperpendek Usia

Banyak Tidur

Banyak tidur ternyata tidak baik juga untuk kesehatan. Bagi anda yang memiliki kebiasaan tidur sepertinya harus berpikir ulang kembali. Karena seseorang yang kebanyakan tidur berbagai macam penyakit akan mudah muncul atau dengan kata lain mudah terserang penyakit.

Akibat Banyak Tidur!

Seperti dilansir Huffingtonpost dan dikabarkan DechaCare.com, berikut dampak jika orang banyak tidur:

  1. Depresi
    Berdasarkan hasil studi tahun 2014, peneliti menemukan bahwa terlalu banyak tidur atau durasi tidur yang panjang dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi depresi. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang tidur dalam kurun waktu 7-9 jam pada malam hari berisiko 27 persen mengalami depresi. Sementara mereka yang tidur 9 jam atau lebih, berisiko 49 persen mengalami depresi.
  2. Merusak otak
    Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur dapat merusak fungsi otak. Peneliti menemukan bahwa wanita yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam atau kurang dari lima jam, otaknya akan mengalami penuaan dua tahun lebih cepat. Sedangkan terhadap wanita lansia, tidur terlalu banyak tidur dapat memperburuk fungsi otak selama enam tahun.
  3. Sulit hamil
    Bagi wanita, terlalu banyak tidur juga meningkatkan risiko sulit hamil. Pada tahun 2013, sebuah tim peneliti Korea menganalisa kebiasaan tidur sekitar 650 wanita yang mengikuti program bayi tabung. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada perempuan yang tidur malam selama 7-8 jam. Sedangkan tingkat kehamilan terendah terjadi pada wanita yang tidur 9-11 jam pada malam hari. Ahli endokrinologi reproduksi dokter Evan Rosenbluth mengatakan, kebiasaan tidur yang buruk dapat mengubah ritme sikardian tubuh seseorang, sekresi hormon, hingga siklus menstruasi seorang wanita.
  4. Diabetes
    Para peneliti dari Quebec, Kanada, juga menemukan bahwa orang yang terlalu banyak tidur dua kali lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 dibanding mereka yang tidurnya cukup pada malam hari.
  5. Obesitas
    Orang-orang yang terlalu banyak tidur juga berisiko menjadi obesitas. Penelitian selama enam tahun yang dilakukan Quebec mengungkapkan, peserta yang terlalu banyak tidur lebih gemuk dibanding peserta yang tidurnya cukup dalam semalam. Hasil studi menunjukkan, mereka yang tidur malam selama 9-10 jam, 25 persen lebih berisiko bertambah berat badannya sebanyak 5 kilogram.
  6. Sakit jantung
    Pada penelitian yang dipersentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology tahun 2012, tidur lebih dari 8 jam setiap malam juga meningkatkan risiko masalah pada jantung. Hal ini dibuktikan ketika peneliti menganalisis sekitar 3.000 orang. Hasilnya, mereka yang durasi tidurnya lebih panjang, dua kali lebih berisiko mengalami angina atau dikenal dengan penyakit angin duduk dan 1,1 kali lebih berisiko menderita penyakit jantung koroner.
  7. Usia ‘lebih pendek’
    Sejumlah penelitian pun mengaitkan kualitas tidur yang buruk dengan usia hidup seseorang.

Banyak TidurBerdasarkan 16 penelitian yang dilakukan pada 2010, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari 1,3 kali lebih berisiko memiliki usia hidup lebih pendek atau kematian lebih awal. Penelitian itu melibatkan 1.382.999 partisipan. (tribunnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *